Kartu ATM yang tertelan menjadi masalah klasik yang seringkali dialami oleh nasabah saat akan bertransaksi.

Penarikan tunai melalui ATM masih banyak jadi pilihan masyarakat meski bank telah mengembangkan banyak fitur yang mempermudah transaksi. Sayangnya, ada saja masalah-masalah yang ditemukan saat bertransaksi di ATM.

Salah satunya adalah kartu ATM yang tertelan. Jika sudah begitu, Anda harus meluangkan waktu untuk pergi ke bank demi mendapatkan kartu baru. Ada beberapa penyebab kartu ATM yang tertelan dan ad acara untuk mengantisipasinya.

Pada banyak kasus, tertelannya kartu dipicu oleh mesin ATM yang bermasalah. Masalah ini bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari jaringan, kondisi slot mesin, dan lain sebagainya.

Perhatikan masuknya kartu saat melakukan transaksi. Jika kartu dirasa masuk dengan sangat pelan, maka sebaiknya tarik kembali kartu Anda.

Terlalu lama menarik kartu setelah melakukan transaksi juga menjadi salah satu penyebab kartu ATM tertelan.

Kendati demikian, tak diketahui secara pasti mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan mesin untuk menelan kartu secara otomatis. Karenanya, segera-lah tarik kartu ATM Anda saat selesai bertransaksi.

Mesin yang tiba-tiba mati akibat pemadaman listrik juga bisa jadi salah satu penyebab. Perlu diketahui, mesin ATM tidak menggunakan UPS seperti pada komputer. Sehingga jika listrik mati, maka mesin ATM akan ikut padam.

Namun, penyebab satu ini cenderung jarang terjadi. Pasalnya, kebanyakan ATM akan berada di lokasi yang dilengkapi dengan genset.

Jika hal ini terjadi pada Anda, maka solusi pertama yang bisa dilakukan adalah menelepon pihak bank dan meminta pemblokiran sementara.

Nomor telepon umumnya tercantum pada mesin ATM. Jawab semua pertanyaan yang diajukan oleh petugas untuk membantu pemblokiran sementara.

Pemblokiran kartu dilakukan agar menjaga rekening tetap aman dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, Anda juga bisa langsung mendatangi bank untuk mengajukan pembuatan kartu ATM baru. Petugas akan meminta Anda menyiapkan sejumlah dokumen untuk membuat kartu baru. Namun, pastikan untuk memblokir akun Anda terlebih dahulu sebelum mendatangi pihak bank.

Bagaimana pun, mengenali penyebab kartu ATM tertelan bisa membantu Anda terhindar dari masalah tersebut.